Skip to content

Apa Itu

merajutApa itu Crocheting?

Merajut merupakan jenis kerajinan tangan yang telah lama berkembang. Merajut berasal dari Timur Tengah, tepatnya dari Jazirah Arab. Keterampilan ini digunakan untuk membuat permadani yang diperdagangkan oleh para pedagang Arab yang kemudian disebar ke berbagai belahan dunia. Ke Timur hingga negeri Tibet, ke Barat hingga Spanyol, dan ke daerah-daerah pelabuhan di wilayah Mediterrania. Dari Spanyol, keterampilan merajut ini kemudian menyebar ke daerah-daerah Eropa lainnya dan merambah benua Amerika, Afrika, dan Asia, termasuk Indonesia yang diperkenalkan oleh orang-orang Belanda.

Merajut dibagi menjadi dua jenis, knitting dan crochetingCrocheting adalah merajut benang yang ketebalannya bervariasi dengan menggunakan satu batang pengait atau biasa disebut hakpen atau hakken. Sedangkan knitting adalah merajut benang dengan menggunakan dua batang yang ujungnya seperti jarum tumpul. Biasanya knitting dikreasikan menjadi sweater, scarf, atau mantel yang cocok dipakai untuk menghangatkan tubuh baik di musim dingin maupun hujan. Adapun crocheting biasa untuk menghasilkan pernak-pernik rumah, tas, rompi, peralatan bayi, dan bros. (Sumber: Thata Pang)

Di Indonesia yang beriklim tropis, hasil crocheting lebih banyak digunakan. Selain variasi hasil tusukan hakken lebih terlihat, harga jarumnya pun lebih mudah didapat dan terjangkau daripada jarum untuk knitting. Merajut memang hobi yang menyenangkan dan dapat dijadikan peluang usaha. Hanya dibutuhkan benang dan jarum untuk membuat berbagai hasil rajutan yang bermanfaat. Selain itu, tidak diperlukan tempat khusus untuk membuatnya dan dapat dilakukan di waktu senggang.

 

Bagaimana memulai belajar merajut?

produk-crochetMerajut itu mudah dan menyenangkan! Tanamkan kata-kata itu dalam benak anda jika ingin mulai merajut. Hal itu memang benar-benar kami rasakan sendiri ketika belajar langkah demi langkah teknik-teknik merajut. Merajut tak sesulit yang dibayangkan banyak orang kok, prinsipnya hanya mengaitkan benang dan merangkainya ke dalam tusukan tetapi tentu saja dengan ‘aturan main’ tertentu dong.. =)

Jika anda ingin mulai belajar merajut tapi tidak tahu harus belajar kepada siapa, anda bisa memanfaatkan fasilitas internet mulai dari google, browsing free pattern, blog, ataupun yang lebih efektif yaitu mendownload video dari youtobe. Selain itu, kini buku-buku rajutan juga sudah banyak tersedia di toko buku. Dari berbagai media tersebut kita akan menemukan berbagai macam hal tentang merajut, baik itu teknik-teknik dasar, bahan-bahan yang dibutuhkan, berbagai pola membuat barang, dan lain sebagainya yang tentunya akan membuat kita lebih mencintai seni merajut. Maka tak usah ragu untuk memulai merajut secara otodidak, ayo segera berseluncur di internet dan ambil benang dan hakpenmu!

 

gambar dari: http://www.craftstylish.com/item/12993/dare-to-make-it-crochet-along-week-5

13 Comments leave one →
  1. adit_uti permalink
    June 10, 2009 2:01 pm

    wih, dah ada web-nya nih de, LANJUTKAN!!!
    sekalian ajarin cara2nya de, step by step, otreh…

  2. croniq permalink*
    June 13, 2009 6:30 am

    otreh… hayu atuh qt bikin malam merajut lagi?!😉

  3. sari permalink
    January 16, 2010 9:45 am

    kalo diliat susah banget ya buatnya..

    • croniq permalink*
      January 20, 2010 8:39 am

      susah-susah gampang mba sari =)
      berminat buat belajar? kita ada kursusnya juga kok..

  4. rara permalink
    January 27, 2010 1:51 pm

    biasanya pake benang ap C itu? Kyknya susah nyarinya,,,

    • croniq permalink*
      January 28, 2010 6:14 am

      macem2 mba, benang katun, benang rayon, dll. sekarang sudah banyak yang jual benang2 untuk merajut kok =)

  5. nina permalink
    February 20, 2010 12:49 am

    permisi..mau ikutan belajar merajut dong…bagaimana caranya dan dimana tempatnya, saya tinggal di daerah pulo empang Bogor.minta infonya yach?thanx🙂

    • croniq permalink*
      February 20, 2010 3:35 pm

      silahkan lihat postingan sebelumnya, yang berjudul “BELAJAR MERAJUT”. Semua info ada disitu..mari.. =)

  6. trisetyaningsih bennardo permalink
    March 24, 2010 7:15 am

    saya ingin belajar juga klo kursus dimana tempatx? ada webx g?

  7. tri permalink
    April 20, 2011 8:40 am

    pengen banget bsa ngerajut
    cma bsanya itu” ajj
    pengen belajar

  8. February 12, 2012 4:33 am

    kalo mau beli benang rajutnya dimana mba? saya dapetnya kok sejenis benang wool gitu, jadi hasil rajutannya berbulu. emang ada benang khusus ya? namanya benang apa? mhn info ya.. makasih

    • croniq permalink*
      December 12, 2012 6:22 am

      toko online yang jual benang banyak kok mba sekarang dan jenisnya juga variatif. benang yang saya pakai bermacam-macam, ada benang katun, bulky, softy cotton, dll.. coba googling aja mba.😉

  9. April 17, 2012 12:52 pm

    AKU JUGA PENGEN bisa ngecrochet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: